Detail Artikel Dan Berita

Berita

John Doe

08 September 2024 03:04

Pakai Teknik Jajar Legowo, Produktivitas Pertanian di Kabupaten Simalungun Meningkat

Teknik menanam jajar legowo terbukti meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Simalungun. Hal itu secara otomatis juga meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) sebagaimana target kegiatan IPDMIP.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, produktivitas pertanian merupakan faktor utama yang terus menerus diutamakan dalam kerangka menyediakan ketahanan pangan.

"Hal itu sebagaimana tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor," kata Mentan Syahrul, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima, Senin (9/5/2022).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menambahkan, salah satu faktor penting dalam peningkatan produktivitas pertanian adalah SDM pertaniannya.

Adapun peserta sebanyak 30 orang, 21 peserta laki- laki dan 9 peserta perempuan, yang dilaksanakan pada Kamis (5/5/2022), didampingi oleh DPIU Kabupaten Simalungun Kadar Situmorang beserta tanaga penyuluh lapangan.

Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan teknik jajar legowo dengan sistem tanam 2:1. Sistem tanam jajar legowo menjadi penerapan sistem tanam yang harus dilaksanakan pada kegiatan IPDMIP.

Sekolah Lapang yang dilaksanakan pada satu lahan seluas 0,1 hektare menjadi tempat pembelajaran petani dari mulai pengolahan lahan sampai masa panen. Selain belajar teknis penanaman, petani juga akan diajarkan pembuatan pupuk kompos dan pembuatan pestisida nabati.

Tingginya minat para petani mengikuti kegiatan Sekolah Lapang menjadi bukti bahwa petani di Kabupaten Simalungun sangat membutuhkan teknologi baru dalam meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya. Dengan semangat dan spirit kerja yang tinggi diharapkan sasaran atau capaian dari kegiatan IPDMIP akan maksimal di Kabupaten Simalungun dengan target peningkatan produksi dan produktivitas akan tercapai.

Kategori

Pertanian 1

24

Pertanian 1

24

Pertanian 1

24

Pertanian 1

24

Tag/Pintasan

penyandang disabilitas(1)

IMMACo(1)

Launching(1)

Simphoni Emas P4S(1)

Semangat Kemerdekaan(1)

Peran Perempuan(1)

Budidaya cabai(1)

Tingkatkan Layanan(1)

Disabilitas(1)

SLB(1)

Tumpang Sisip(1)

Pelantikan(1)